Thursday, July 29, 2010

ngamar

setelah 'hectic days' saya memutuskan untuk ngamar...

ngamar itu adalah berada di dalam sebuah kamar ^_^ 

kegiatan di dalam kamar ini berbeda dengan kegiatan saya biasanya yang hanya tidur atau melamun... tidak tidak... hehehe ngamar di sini artinya mengurangi makan, mengurangi tidur, mengurangi minum dan membaca buku - buku wajib ajaran Sang Guru Sejati, terutama pustaka suci Sasangka Jati.

Tujuan ngamar adalah menenangkan hati dan melatih mengekang hawa nafsu. Angan-angan dituntun agar selalu teralihkan titik berat kesadarannya ke Tripurusa (Suksma Kawekas-Suksma Sejati dan Roh Suci), sehingga hati menjadi tenteram.

Latihan mengekang hawa nafsu dengan cara mengurangi tidur dan makan secukupnya (dalam pengalaman saya kemaren, saya puasa "mutih"). Selain itu juga mengurangi kontak dengan dunia luar, seperti tidak pegang hp, bb apalagi komputer. Semua itu bertujuan agar titik berat kesadaran saya dapat secara stabil mengarah pada Sang pemilik hidup.

Saya melakukan ngamar ini selama tiga hari. Manfaat yang saya dapatkan adalah saya merasakan ketenangan hati dan ketentraman yang tiada habisnya. 

Ngamar hanyalah suatu bentuk latihan. Sedangkan pelaksanaannya adalah di dalam kehidupan kita sehari-hari. Upaya untuk menyucikan hati, harus terus diusahakan, agar kita dapat bertunggal dengan Sang Penguasa Hidup di dalam hati sanubari kita yang suci.


Ada yang tertarik mencoba?









No comments:

Post a Comment